Membentang Luas Sejauh 51.213 km2 Papua Kini Dinobatkan Sebagai Wilayah dengan Populasi Terkecil se-Indonesia

Membentang Luas Sejauh 51.213 km2 Papua Kini Dinobatkan Sebagai Wilayah dengan Populasi Terkecil se-Indonesia

papua-Freesally/pixabay-

Provinsi Papua Pegunungan adalah satu-satunya provinsi yang tidak memiliki garis pantai.

Terletak di wilayah pegunungan di bagian timur Indonesia, provinsi ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dari provinsi-provinsi lainnya.


Provinsi Papua Pegunungan baru dibentuk pada tahun 2022 berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022, bersama dengan dua provinsi lainnya, Papua Selatan dan Papua Tengah. Wilayah ini dipecah dari Provinsi Papua dan terdiri dari wilayah adat Lapago, Melpago, dan Animha.

Meskipun terisolasi dari laut, Papua Pegunungan memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk hutan hujan tropis dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Provinsi Papua Pegunungan memiliki luas sekitar 51.213 km persegi dan berbatasan dengan Provinsi Papua di utara, Provinsi Papua Tengah di barat, Provinsi Papua Selatan di selatan, dan Papua Nugini di timur. Meski tidak memiliki akses ke lautan, provinsi ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, terutama dalam bidang pariwisata, pertanian, dan sumber daya alam lainnya.



×

Baca juga: Siapa Nadia Raisya? Selegram Cantik Pacar Baru Marselino Ferdinan, Pemain Timnas Indonesia, Awas Pendidikannya Mentereng Bange

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya