Kalahkan Timnas Indonesia U23 di Piala Asia, Ternyata Ini Letak Uzbekistan di Asia, Ternyata Tetangga Negara Ini

Kalahkan Timnas Indonesia U23 di Piala Asia, Ternyata Ini Letak Uzbekistan di Asia, Ternyata Tetangga Negara Ini

Peta Uzbekistan--

Uzbekistan Termasuk Asia Mana?

Uzbekistan terletak di kawasan Asia Tengah, yang juga mencakup negara-negara seperti Kazakhstan, Azerbaijan, Kyrgyzstan, Mongolia, Tajikistan, Armenia, dan Turkmenistan.

Menurut Britannica, Uzbekistan merupakan negara yang terkurung daratan di Asia Tengah. Secara geografis, Uzbekistan berbatasan dengan Kazakhstan di barat laut dan utara, Kyrgyzstan dan Tajikistan di timur dan tenggara, Afghanistan di selatan, serta Turkmenistan di barat daya.


Pada masa lalu, Uzbekistan merupakan bagian dari wilayah yang didirikan oleh pemerintah Soviet dengan nama Republik Sosialis Soviet Uzbekistan. Republik ini menjadi salah satu republik konstituen dari Uni Soviet sejak tahun 1924.

Kemudian, Uzbekistan menyatakan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tanggal 31 Agustus 1991. Ibukotanya adalah Tashkent (Toshkent).

Negara dengan Mayoritas Muslim

Uzbekistan menampung beragam etnis, seperti Uzbek, Tajik, Kazakh, Tatar, Rusia, dan Karakalpak. Namun, mayoritas penduduknya adalah Uzbek, yang menyumbang lebih dari empat per lima dari total populasi.



×

Sebagian besar penduduk Uzbekistan menganut agama Islam, dengan sekitar tiga perempat dari total populasi. Sedangkan sebagian kecil, kurang dari sepersepuluh, menganut agama Kristen Ortodoks Timur, sementara sisanya either non-religious or adhere to other faiths.

Bahasa yang umum digunakan di Uzbekistan termasuk bahasa Uzbek, yang termasuk dalam cabang bahasa Turki. Selain itu, terdapat juga bahasa Karakalpak, juga berasal dari keluarga bahasa Turki, dan sekitar sepertujuh penduduk Uzbekistan menggunakan bahasa Rusia.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya