Mulai dari Sabang Sampai Merauke, Simak Daftar Bandara Internasional di Indonesia

Mulai dari Sabang Sampai Merauke, Simak Daftar Bandara Internasional di Indonesia

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai--

Mulai dari Sabang Sampai Merauke, Simak Daftar Bandara Internasional di Indonesia

Dalam penetapan Kementerian Perhubungan, sebanyak 17 dari total 34 bandara udara di Indonesia mendapatkan status sebagai bandara internasional. Penasaran dengan daftarnya?


Pertama, ada Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, Aceh. Bandara yang dikelola oleh AP II telah beroperasi sejak tahun 1943.

Selanjutnya, Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatra Utara. Ini adalah bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Soetta dan Kertajati.

Diikuti oleh Bandara Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatra Barat. Dibangun pada tahun 2002 dan mulai beroperasi penuh pada bulan Juli 2005.



×

Baca juga: Siapa Rosmini? Pengemis Agresif Viral Yang Berhasil Diamankan Oleh Dinkes Kota Bogor, Berikut Profil dan Fakta Mengejutkan Lainnya: Diduga ODGJ

Baca juga: Cek Daftar Destinasi Wisata di Desa Mangunan, Yogyakarta, No 4 Bikin Betah Instagramable

Baca juga: Jadwal Thomas dan Uber Cup 2024 Hari Ini, Duel Maut China vs India dan Korea, Kapan Indonesia Main?

Kemudian, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau. Selain menjadi bandara internasional, ini juga adalah home-base Skuadron Udara 12 TNI AU.

Dari Kepulauan Riau, kita punya Bandara Hang Nadim. Bandara ini memiliki landasan pacu kedua terpanjang di Asia Tenggara setelah Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Tidak ketinggalan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, yang menjadi gerbang utama penerbangan internasional di Indonesia.

Di Jakarta Timur, DKI Jakarta, ada Bandara Halim Perdanakusuma. Selain sebagai bandara internasional, ini juga merupakan markas Komando Operasi Angkatan Udara I.

Dari Jawa Barat, kita punya Bandara Kertajati di Majalengka. Ini adalah bandara terbesar kedua di Indonesia.

Dari Daerah Istimewa Yogyakarta, kita punya Bandara Kulonprogo. Ini melayani penerbangan domestik dan internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura.

Dari Jawa Timur, ada Bandara Juanda di Sidoarjo. Ini adalah bandara tersibuk ketiga di Indonesia setelah Soetta dan Ngurah Rai.

Berikutnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali. Ini adalah bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Soetta.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya