AWAS MACET! Cek Info Jadwal dan Lokasi Demo Hari Buruh 1 Mei 2024, Mulai dari Jakarta, Semarang, Jawa Timur Hingga Kalimantan

AWAS MACET! Cek Info Jadwal dan Lokasi Demo Hari Buruh 1 Mei 2024, Mulai dari Jakarta, Semarang, Jawa Timur Hingga Kalimantan

Rayakan Hari Buruh--

Info Lokasi Demo Hari Buruh 1 Mei 2024

Informasi Terkait Lokasi Aksi May Day dan Demonstrasi Hari Buruh 1 Mei 2024

Selain Jakarta, Iqbal turut menyampaikan bahwa beberapa aksi akan dilakukan di berbagai lokasi lain dengan jumlah buruh mencapai lebih dari 200 ribu orang.


Kota-kota yang akan menjadi lokasi aksi antara lain Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makasar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan beberapa lainnya.

1. Semarang

Di Semarang, sejumlah titik seperti kantor gubernur, DPRD, dan Apindo akan menjadi pusat perhatian para demonstran buruh.

Aksi di Semarang menuntut pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.



×

Menurut Lukman Nur Hakim, Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jateng, Omnibus Law menjadi akar masalah bagi buruh terkait upah rendah dan status pekerja yang tidak jelas.

Oleh karena itu, Omnibus Law harus dicabut untuk melindungi hak-hak buruh.

Selain itu, aksi di Semarang juga menyoroti penghapusan upah murah dan sistem outsourcing, serta menentang gugatan Apindo Jateng terhadap Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah tentang Upah Minimum Kota 2024.

2. Yogyakarta

Di Yogyakarta, Majelis Pekerja Buruh Indonesia DIY (MPBI DIY) akan mengumpulkan ratusan buruh dari berbagai elemen untuk aksi May Day di Tugu Pal Putih.

Selain menuntut pencabutan Omnibus Law, buruh di DIY juga meminta penghapusan sistem kontrak dan outsourcing, serta mendesak pemerintah untuk mengesahkan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

Para buruh juga akan menekan Pemerintah Daerah untuk menyediakan transportasi umum dengan biaya terjangkau dan rute yang melalui kawasan pabrik.

3. Jawa Timur

Di Jawa Timur, aksi May Day telah disepakati dengan kepolisian setempat yang akan melakukan pengamanan.

Setelah berkoordinasi dengan 28 perwakilan serikat pekerja, Kapolda Jatim, Irjen Imam Sugianto, menyatakan bahwa pihaknya akan mengerahkan seluruh jajaran kepolisian untuk memastikan keamanan selama aksi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya