Persiapan Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara? Enam Daerah Siap-siap Menyongsong Hari Esok, Apakah Wilayahmu Termasuk yang Bakal Terpisah dari Provinsi Sultra?

Persiapan Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara? Enam Daerah Siap-siap Menyongsong Hari Esok, Apakah Wilayahmu Termasuk yang Bakal Terpisah dari Provinsi Sultra?

daerah-meisterbuehler/pixabay-

Baca juga: Siapa Orang Tua Lily JKT48? Profil Hillary Abigail yang Pintar Adu Skil Bermain Game Mulai dari Umur, Akun Instagram Hingga Jenjang Karier

Langkah pemekaran yang diusung oleh Ali Mazi tidak lahir begitu saja. Ia melihat pemekaran sebagai solusi konkrit untuk menanggulangi beragam masalah yang melanda wilayah Sulawesi Tenggara. Dalam pikirannya, pemekaran adalah langkah maju yang tak bisa dihindari.


Di balik serangkaian persiapan yang intens, terdapat semangat membara untuk meresmikan Provinsi Kepulauan Buton.

Hal ini tercermin dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 354 Tahun 2021 yang dikeluarkan, yang secara khusus membentuk Tim Percepatan Pembentukan Daerah Persiapan Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton Pemekaran Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebagai catatan menarik, proses pemekaran ini juga membawa kita menyelusuri sejarah. Keenam daerah yang dipilih untuk mekar ini ternyata memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan eksistensi Kesultanan Buton.



×

Sehingga, langkah untuk melepaskan diri dan mengukir identitas baru sebagai Provinsi Kepulauan Buton bukanlah keputusan yang dilakukan begitu saja, melainkan langkah bersejarah yang teramat penting bagi masyarakat setempat.

Dengan begitu, melalui serangkaian langkah yang matang dan semangat yang membara, Sulawesi Tenggara semakin dekat dengan wajah baru yang menjanjikan.

Provinsi Kepulauan Buton, dengan segala potensi dan sejarahnya, siap melangkah sebagai entitas baru dalam peta administratif Indonesia.

***

Editor: Riani Dwi Ningsih
TAG: #pemekaran wilayah #daerah #kecamatan #kabupaten #desa #dusun #bentuk otonomi baru #rencana pemekaran #isu pemekaran
Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya