Belum Aman, Gunung Ruang Waspada Tsunami, BNPB: Harus Dikosongkan Hingga 7 km

Belum Aman, Gunung Ruang Waspada Tsunami, BNPB: Harus Dikosongkan Hingga 7 km

Gunung Ruang--

Belum Aman, Gunung Ruang Waspada Tsunami, BNPB: Harus Dikosongkan Hingga 7 km

BNPB mengumumkan bahwa status tanggap darurat akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, yang sebelumnya berakhir pada 29 April 2024, kini diperpanjang selama 14 hari, mulai dari 30 April hingga 13 Mei 2024.


Dikatakan bahwa statusnya telah ditingkatkan ke level IV karena erupsi yang signifikan, mengakibatkan perluasan wilayah yang harus dikosongkan.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024 Sudah Dimulai, Cek Info Lengkap Harga Tiket, Cara Beli dan Jadwalnya

Baca juga: Nasib Surabaya di Ujung Pisau? Telaah Mendalam atas Wacana Pemekaran 3 Provinsi Baru di Jawa Timur, Apakah Wilayahmu Akan Terdampak?



×

Baca juga: Siapa Orang Tua Lily JKT48? Profil Hillary Abigail yang Pintar Adu Skil Bermain Game Mulai dari Umur, Akun Instagram Hingga Jenjang Karier

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyampaikan dalam konferensi pers bahwa PVMBG telah memperluas radius wilayah yang harus dikosongkan oleh masyarakat menjadi 7 km dari puncak Gunung Ruang.

Pada erupsi sebelumnya, wilayah yang harus dikosongkan hanya seluas 6 kilometer dan batu pijar belum mencapai titik pengungsian. Namun, kali ini, batu pijar hasil erupsi telah mencapai titik utama pengungsian.

Abdul menjelaskan bahwa karakter erupsi terjadi di waktu dini telah menimbulkan banyak material vulkanik yang langsung masuk ke laut, meningkatkan potensi tsunami.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya