Ngak Kalah dari Manusia dan Lumba-Lumba, Ternyata Tikus Juga Bisa Berhitung

Ngak Kalah dari Manusia dan Lumba-Lumba, Ternyata Tikus Juga Bisa Berhitung

Angka--

Tikus Bisa Belajar Angka

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tikus yang sebelumnya tidak memiliki pengetahuan tentang angka dapat mengembangkan kemampuan untuk membedakan angka ketika mereka dilatih dengan suara yang mewakili dua atau tiga angka.

Meskipun hal ini mengejutkan, tikus-tikus tersebut secara konsisten memilih jumlah suara sebagai hadiah makanan.


Profesor Yung dari Jockey Club College of Veterinary Medicine and Life Sciences dan Profesor Cognitive Neuroscience di CityUHK menyatakan bahwa ini adalah kali pertama para ilmuwan menemukan bahwa tikus dapat membedakan dan mengkategorikan tiga angka berbeda dalam satu tes, melebihi kemampuan mereka dalam perbandingan kuantitas sederhana.

Profesor Ke dari Fakultas Ilmu Biomedis di CU Medicine menyambut baik temuan ini. Menurutnya, studi ini tidak hanya memberikan wawasan baru tentang cara otak memproses angka, tetapi juga membuka peluang untuk memahami sirkuit saraf spesifik pada hewan.

Dia juga menambahkan bahwa temuan ini dapat memiliki implikasi praktis dalam pengembangan kecerdasan buatan. Pemahaman yang lebih baik tentang cara otak mengolah angka dapat membantu dalam mengembangkan intervensi untuk individu yang mengalami kesulitan dalam hal numerik.



×
TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya