Ngak Kalah dari Manusia dan Lumba-Lumba, Ternyata Tikus Juga Bisa Berhitung

Ngak Kalah dari Manusia dan Lumba-Lumba, Ternyata Tikus Juga Bisa Berhitung

Angka--

Ngak Kalah dari Manusia dan Lumba-Lumba, Ternyata Tikus Juga Bisa Berhitung

Manusia bukanlah satu-satunya yang memiliki kemampuan berhitung. Penelitian yang dipimpin oleh ahli saraf Profesor Yung Wing-ho dari City University of Hong Kong (CityUHK) dan Profesor Ke Ya dari Fakultas Kedokteran (CU Medicine) Universitas China Hong Kong (CUHK) menemukan bahwa hewan juga memiliki kemampuan berhitung.


Studi tersebut fokus pada hewan pengerat, khususnya tikus, yang sering ditemui di sekitar kita.

Tim peneliti menggunakan pendekatan baru dengan memadukan tugas pembelajaran numerik, teknik manipulasi otak, dan pemodelan kecerdasan buatan untuk mengungkap indra bilangan pada hewan ini. Hasil studi ini memberikan wawasan yang berharga tentang mekanisme di balik kemampuan numerik pada hewan.

Baca juga: Banyak yang Belum Terima Timnas Indonesia U23 Kalah dari Uzbekistan, Wasit dan VAR Jadi Kambing Hitam, Simak Penjelasannya



×

Baca juga: Profil Biduan Nayunda Nabila Lengkap Akun IG, Biduan yang Disawer Rp 100 Juta eks Mentan SYL

Baca juga: Siapa Rosmini? Pengemis yang Viral Minta Paksa Sedekah Rela Naik kereta Dari Bogor dan Sukabumi Demi Cari Sumbangan

Number sense

Number sense adalah intuisi dasar yang dimiliki oleh hewan dalam memahami dunia di sekitarnya, yang membantu mereka bertahan hidup. Ini juga merupakan kemampuan kognitif esensial yang menjadi fondasi bagi kecerdasan matematika manusia.

Dalam konteks manusia, pengertian bilangan merujuk pada kemampuan untuk membandingkan, memperkirakan, dan memanipulasi angka secara intuitif tanpa menggunakan simbol matematika.

Namun, terdapat debat apakah pengertian bilangan dapat dipisahkan sepenuhnya dari pengaruh pengalaman terhadap besaran yang berkelanjutan.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya