Internet Starlink Milik Elon Musk Sudah Masuk Indonesia, Kapan Mulai Dipasarkan? Simak Perbedaanya dengan Interne Fiber

Internet Starlink Milik Elon Musk Sudah Masuk Indonesia, Kapan Mulai Dipasarkan? Simak Perbedaanya dengan Interne Fiber

Starlink--

Apakah Starlink Sudah Masuk Indonesia?

Starlink telah berhasil melewati Uji Laik Operasi (ULO) di Indonesia. Ini menandakan bahwa Starlink telah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk memulai layanan internetnya di Indonesia dan siap untuk menawarkannya kepada pelanggan.

Menurut Aju Widya Sari, Direktur Telekomunikasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Starlink harus melewati dua tahap penting sebelum dapat beroperasi sepenuhnya di Indonesia.


"Starlink telah mendapatkan izin penyelenggaraan telekomunikasi. Semuanya sudah selesai. Ini sudah berlangsung sekitar dua minggu yang lalu. Saya harus memeriksa waktu pastinya, tetapi yang jelas semua sudah selesai," ungkap Aju di Jakarta, pada hari Senin, terkait ULO Starlink.

ULO adalah proses yang memastikan bahwa Starlink memenuhi semua persyaratan teknis dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Proses ini mencakup evaluasi berbagai aspek, seperti kualitas layanan, keamanan jaringan, dan kepatuhan terhadap standar emisi elektromagnetik.

Starlink telah berhasil menyelesaikan ULO pada pertengahan April 2024 dan dinyatakan lulus. Artinya, Starlink telah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk beroperasi secara sah di Indonesia.



×

Selain ULO, Starlink juga telah melakukan uji coba layanan di Karawang, Jawa Barat. Uji coba ini bertujuan untuk memastikan bahwa Starlink dapat menyediakan layanan internet yang berkualitas dan stabil kepada pelanggan di Indonesia.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya