Apa Itu Batu Bacan? Ternyata Jenis Batu Mahal dan Sering Jadi Hiasan Mahkota Para Sultan Maluku: Berikut Manfaat, Jenis dan Asal-Usulnya

Apa Itu Batu Bacan?  Ternyata Jenis Batu Mahal dan Sering Jadi Hiasan Mahkota Para Sultan Maluku: Berikut Manfaat, Jenis dan Asal-Usulnya

Ilustrasi batu bacan. -(freepik.com/@jiradej)-

Batu Bacan: Ketinggian Harga

Batu termahal hingga saat ini masih dikuasai oleh batu bacan. Batu ini berasal dari Maluku dan sudah terkenal sejak zaman Kesultanan Maluku.


Ketenaran batu bacan meluas tidak hanya di seluruh Nusantara, tetapi juga hingga mancanegara.

Batu ini memiliki berbagai jenis dan warna. Bahkan, mahkota-mahkota Sultan Maluku selalu dihiasi dengan batu jenis ini.

Baca juga: Warganya Tak Nampak? Inilah 4 Kecamatan di Kabupaten Karawang Terkenal Paling Tinggi, Unggulan Bukan Cikampek Melainkan Wilayah Ini Loh!



×

Batu bacan, namanya diambil dari sebuah pulau di sebelah timur Pulau Kasiruta, yaitu Pulau Bacan.

Di pulau inilah batu bacan pertama kali diperdagangkan, yang membuatnya dikenal sebagai batu bacan.

Pada tahun 1960-an, Presiden Soekarno pernah mengunjungi Kota Labuhan di Pulau Bacan, dan masyarakat setempat memberikan batu bacan sebagai cinderamata.

Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki batu bacan yang konon pernah ditawar hingga 3 miliar. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik pada batu ini.

Batu ini langka dan istimewa karena selalu berubah seiring waktu dan sulit ditemukan.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu! Ini 19 Manfaat Batu Giok Bagi Tubuh, Mulai Dari Meningkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Membantu Kesuburan

Batu bacan sering disebut sebagai batu yang 'hidup' karena mengalami perubahan warna dan semakin bening seiring berjalannya waktu, meskipun sudah diolah menjadi perhiasan.

Kesulitan dalam menemukannya disebabkan oleh eksploitasi berlebihan yang mengakibatkan sumber aslinya terkikis.

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya