Berapa Mbps Kecepatan Starlink, Internet Satelit Super Cepat dari Elon Musk, Harganya Apa Bersahabat?

Berapa Mbps Kecepatan Starlink, Internet Satelit Super Cepat dari Elon Musk, Harganya Apa Bersahabat?

Starlink--

Berapa Mbps Kecepatan Starlink, Internet Satelit Super Cepat dari Elon Musk, Harganya Apa Bersahabat?

Starlink akan menjalankan uji coba akses internet di Ibu Kota Negara (IKN) pada bulan Mei 2024 ini.


Layanan internet satelit yang dimiliki oleh Elon Musk tersebut telah mengeluarkan situs web resmi untuk menawarkan produknya.

Namun, apakah berlangganan Starlink benar-benar memberikan akses yang lebih cepat dan terjangkau?

Baca juga: Internet Starlink Milik Elon Musk Sudah Masuk Indonesia, Kapan Mulai Dipasarkan? Simak Perbedaanya dengan Interne Fiber



×

Baca juga: Jamaah Ngak Bakal Hilang! Inovasi Teknologi Aplikasi Haji Pintar, Bisa Cek Porsi Haji dan Lacak Jamaah Tersesat

Baca juga: Apa Benar Campuran Susu Bear Brand dan Tolak Angiun Bisa Tingkatkan Gairah Seks? Simak Faktanya Di Sini, Berikut Tips Agar Hubungan Ranjang Makin Hot

Saat ini, Starlink telah memperoleh izin operasi secara nasional untuk ritel (B2C). Izin tersebut mencakup penyedia layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider). Starlink telah membangun infrastruktur yang terkait dengan layanan VSAT, seperti hub dan lainnya.

Starlink berencana untuk menjual akses internet secara langsung setelah mendapatkan izin ISP. Setelah semua izin dan uji laik operasi selesai, Starlink akan beroperasi sebagai penyedia internet seperti layanan yang sudah ada di Indonesia saat ini.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, uji coba Starlink di IKN mungkin dilakukan di daerah yang minim infrastruktur telekomunikasi. Hal ini sesuai dengan teknologi berbasis satelit yang dimiliki oleh Starlink. Dengan demikian, uji coba tersebut dapat memberikan gambaran yang akurat tentang efektivitas dan keandalan layanan di daerah yang belum memiliki infrastruktur telekomunikasi yang memadai.

"Bila uji coba tersebut berjalan dengan baik, dan Starlink memenuhi semua persyaratan termasuk peraturan yang berlaku di Indonesia, kami akan memberikan izin operasi," ujar Budi Arie, seperti dilansir oleh Antara.

Uji coba di IKN sangat penting bagi Starlink. Jika uji coba tersebut sukses dan perusahaan memenuhi semua persyaratan, layanan Starlink mungkin akan diluncurkan seiring dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024 yang akan berlangsung di IKN.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya