Apakah Berpotensi Berbahaya? Apa Efek Samping dan Dampak Vaksin Astra Zeneca yang Resahkan Warganet?

Apakah Berpotensi Berbahaya? Apa Efek Samping dan Dampak Vaksin Astra Zeneca yang Resahkan Warganet?

Jarang Terjadi Tapi Berpotensi Berbahaya? Apa Efek Samping dan Dampak Vaksin Astra Zeneca yang Resahkan Warganet?--

Meskipun demikian, Astra Zeneca tetap menyatakan bahwa vaksin mereka telah melewati sejumlah uji klinis dan data-data menunjukkan keamanan serta manfaatnya yang signifikan dibandingkan dengan resiko efek sampingnya yang sangat jarang terjadi.

Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) menyimpulkan bahwa sindrom TTS setelah penggunaan vaksin Astra Zeneca merupakan efek samping yang sangat jarang terjadi.


Hinky Satari, Ketua Komnas PP KIPI, menjelaskan bahwa data efek samping TTS yang jarang terjadi ini didasarkan pada hasil uji klinis vaksin COVID-19 yang melibatkan jutaan orang, dan bila terjadi, efek samping ini sangat langka dan berpotensi serius.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan surveilans aktif terhadap vaksin Astra Zeneca dan vaksin lainnya selama satu tahun untuk memantau efek sampingnya. Surveilans aktif ini telah dilakukan oleh Komnas KIPI, Kementerian Kesehatan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam periode Maret 2021 hingga Juli 2022 di tujuh provinsi, melibatkan 14 rumah sakit dengan fasilitas dan tenaga kesehatan yang memadai.***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya