Tiga Alasan Mengapa Pembentukan Provinsi Madura oleh Empat Kabupaten di Jawa Timur Kian Mendekati Kenyataan, Fix atau Wacana?

Tiga Alasan Mengapa Pembentukan Provinsi Madura oleh Empat Kabupaten di Jawa Timur Kian Mendekati Kenyataan, Fix atau Wacana?

daerah--

Baca juga: Dikenal Sebagai Jajanan Gerobakan Favorit Sejuta Umat, Berikut 7 Manfaat Mie Ayam Bagi Tubuh

Baca juga: Apa Itu Ilmu Laduni? Berikut 5 Manfaatnya, Cara Mudah Untuk Menjadi Orang yang Beradab


Namun, di sisi lain, juga ada kekhawatiran terkait dampak sosial, ekonomi, dan politik dari pemisahan ini, baik bagi Madura maupun Jawa Timur secara keseluruhan.

Meskipun begitu, proses pemekaran ini masih dalam tahap pembahasan yang intensif dan kompleks. Berbagai aspek, mulai dari administratif hingga budaya, perlu dipertimbangkan secara matang sebelum keputusan akhir dapat diambil.

Dengan demikian, langkah ini menjadi penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia, di mana partisipasi masyarakat serta keberpihakan pada kepentingan bersama harus menjadi prioritas utama.



×

Jika benar bahwa provinsi Madura akan segera lakukan pemekaran maka akan ada sejumlah wilayah yang nantinya kan dikabarkan berpisah dengan Jawa Timur. 

Kabupaten ini dikabarklan akan bergabung dengan Maduira dan membentuk provinsi baru. Menurut bupati Pamekasan ini hanya perlu kesepakayan yang akan dilakukan kabupaten saja dan sama halnya dengan pembuatan daerah lainnya yang mana juga membutuhkan sejumlah proses. 

Adapun kabupaten yang nantinya akan bergabung dengan Madura yakni Kabupaten Pamekasan, Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Madura sendiir terdiri dari sekitar 1.990.000 jiwa pada tahun 2019.

***

Editor: Riani Dwi Ningsih
TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya