Tembus Nostalgia, 5 Mall Legendaris di Indonesia Alias Mal Tertua yang Bikin Kangen Era 80-an!

Tembus Nostalgia, 5 Mall Legendaris di Indonesia Alias Mal Tertua yang Bikin Kangen Era 80-an!

Tembus Nostalgia, 5 Mall Legendaris di Indonesia Alias Mal Tertua yang Bikin Kangen Era 80-an!-tianya1223/pixabay-

Dulu, pada tahun 1962, muncul sebuah mal yang menjadi ikon kota Jakarta, yaitu Sarinah. Mal yang menjadi simbol pertama dari pusat perbelanjaan modern di Indonesia ini merupakan milik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan terletak di Jalan M.H Thamrin.

Sejak itu, Sarinah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kota Jakarta, bahkan menjadi tempat festival kesenian yang sering dikunjungi oleh masyarakat.


Gajah Mada Plaza adalah salah satu mal yang tak kalah terkenal di Jakarta, berdiri sejak tahun 1982.

Berbeda dengan Sarinah, mal ini dimiliki oleh perusahaan swasta terkemuka di Indonesia, yaitu PT. Lippo Malls Indonesia.

Baca juga: Siapa Anak dan Istri Bapak Saat? Intip Biodata Sopir Angkot yang Viral Memakai Oksigen saat Sedang Bekerja, Ternyata Bukan Orang Sembarangan?



×

Baca juga: Biodata Profil Bapak Saat Sopir Angkot yang Viral Pakai Oksigen saat Menyetir Mobil, Lengkap: Umur, Agama dan Akun Instagram

Baca juga: Siapa Bapak Saat? Sopir Angkot yang Viral Tetap Bekerja Meski Harus Memakai Oksigen, Benarkah Ditelantarkan Keluarganya?

Seiring berjalannya waktu, bangunan mal ini mengalami renovasi sehingga kini tampak lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Di kota Surabaya, terdapat Tunjungan Plaza, mal terbesar di Asia Tenggara yang telah berdiri sejak tahun 1986.

Mal megah ini memiliki luas lantai yang mengesankan, mencapai 360.876 m2 untuk lantai kotor dan 148.476 m2 untuk luas lantai yang disewakan.

Tunjungan Plaza dimiliki oleh perusahaan swasta, Pakuwon Group, dan telah menjadi salah satu landmark penting di Surabaya.

Blok M Plaza, juga terletak di Jakarta, telah berdiri sejak tahun 1988 di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meskipun tidak sebesar Tunjungan Plaza, Blok M Plaza tetap menjadi destinasi belanja yang populer di kota Jakarta.

Di kota Bandung, terdapat Bandung Indah Plaza yang sudah menjadi ikon bagi warga Bandung sejak tahun 1980-an.

Mal yang terletak di Jalan Merdeka Nomor 56 ini memiliki luas 55.000 m2 dan terdiri dari 5 lantai. Seperti Gajah Mada Plaza, Bandung Indah Plaza juga dimiliki oleh PT. Lippo Malls Group.

Dari deretan mal-mal tertua ini, mungkin ada yang pernah menjadi tujuan kunjungan Anda. Bagaimana pengalaman Anda mengunjungi salah satu dari mall-mall ini?***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya