Kalimantan Timur Lepaskan Kota 657 Km2, Usir ke Provinsi Baru, Apa Dibalik Keputusan yang Menggemparkan pada 16 November?

Kalimantan Timur Lepaskan Kota 657 Km2, Usir ke Provinsi Baru, Apa Dibalik Keputusan yang Menggemparkan pada 16 November?

Penasaran? Ini Dia 3 Kecamatan Terpadat di Kota Pontianak yang Bikin Kamu Tak Sabar Berkunjung Bakal Jadi Rumah si Ekstrovert?-UNPLASH-

Kalimantan Timur Lepaskan Kota 657 Km2, Usir ke Provinsi Baru, Apa Dibalik Keputusan yang Menggemparkan pada 16 November?

Drama Pemisahan Kota Besar di Kalimantan Timur Memilih Bergabung dengan Provinsi Lain! Peluang Baru atau Kontroversi?


Perpisahan Kota Seluas 657 Km2 di Kaltim, Bakal Berlabuh ke Provinsi Baru! Keputusan Akhirnya Diumumkan pada 16 November

Apakah Kota Tarakan, dengan luas wilayahnya mencapai 657 kilometer persegi, resmi memisahkan diri dari Kalimantan Timur atau Kaltim?

Baca juga: Potret Lettu Ckm drg Malik Hanro Agam yang Penjarakan Anandira Puspita Istrinya Usai Keciduk Seingkuhi dengan Sejumlah Wanita, Ada Anak Petinggi Kepolisian?



×

Kabar tersebut terungkap bahwa salah satu kota di Kalimantan Timur telah memutuskan untuk melepaskan diri guna bergabung dengan provinsi baru yang terbentuk. Pembentukan provinsi baru ini tentu saja membutuhkan persetujuan dari semua pihak yang terkait.

Sebagai salah satu provinsi terluas di Indonesia, Kalimantan Timur telah sering melakukan proses pemekaran wilayah. Beberapa tahun belakangan ini, Kalimantan Timur kembali mengalami pemekaran, yang menghasilkan pembentukan sebuah provinsi baru.

Baca juga: Apa Penyebab ASN Diberi Izin WFH oleh Pemerintah Selama 2 Hari Demi Tekan Arus Balik Lebaran?

Baca juga: Penyebab Satu Keluarga Tewas dalam Mobil di Jambi yang Viral di Tiktok, 3 Pria dan 1 Wanita Diduga Hirup Racun AC?

Baca juga: Penemuan Jasad Satu Keluarga Tewas di dalam Satu Mobil Xenia di Jalanan Berlupur, Siapa Saja Identitasnya 3 Pria dan Satu Wanita?

Meskipun telah terpecah dan membentuk provinsi baru seluas 71.827 kilometer persegi, luas wilayah Kalimantan Timur hingga saat ini masih mencapai 127.347 kilometer persegi.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika provinsi ini masih aktif dalam melakukan pemekaran wilayah guna membentuk daerah otonom baru (DOB).

Kota yang memilih untuk bergabung dengan provinsi baru, pecahan dari Kalimantan Timur, memiliki sejarah yang panjang.

Wilayah ini dahulu merupakan bagian dari kerajaan Tidung yang pernah menguasai sebagian besar wilayah pulau Kalimantan.

lanjutan,

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya