Pabrik Sepatu Bata Tutup, Kemenperin Bakal Panggil Telusuri Apa Alasannya

Pabrik Sepatu Bata Tutup, Kemenperin Bakal Panggil Telusuri Apa Alasannya

Bata-Instagram-

Pabrik sepatu Bata di Purwakarta yang ditutup oleh PT Sepatu Bata Tbk pada Selasa (30/4/2024) menjadi sorotan, baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Dalam pernyataannya, PT Sepatu Bata Tbk menyatakan telah berupaya menghadapi tantangan selama empat tahun terakhir. Namun, produksi sejumlah model sepatu di pabrik itu mengalami penurunan permintaan.


Menyikapi hal ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memanggil manajemen Bata untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai penutupan pabrik tersebut.

Baca juga: Apa Alasan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup? Benarkah Akibat Permintaan Anjlok dan Kalah dengan Brand Lokal Lain?

Baca juga: Empat Tahun Merugi, Pabrik Bata di Purwakarta Akhirnya Resmi Tutup! Puluhan Karyawan Terpaksa di PHK



×

Baca juga: Membongkar Kegunaan dan Manfaat 8 Alat Ukur untuk Berbagai Aspek Kehidupan

Febri Hendri Antoni Arif, Juru Bicara Kemenperin, menyatakan kebingungannya terhadap penutupan tersebut. Dia menyoroti kebijakan larangan terbatas (Lartas) impor yang seharusnya mendorong investasi di industri alas kaki di Indonesia.

Dia juga menekankan pentingnya memberikan hak pekerja sesuai dengan aturan jika sebuah perusahaan menutup operasinya.

Direktur Eksekutif Aprisindo, Firman Bakrie, menyatakan bahwa penutupan pabrik Bata disebabkan oleh penurunan pesanan selama bulan Ramadhan dan kenaikan inflasi, yang mengakibatkan masyarakat lebih memprioritaskan memenuhi kebutuhan pokok.

Meskipun demikian, bisnis ritel sepatu Bata masih akan berlanjut, dengan skema order maklun sebagai alternatif.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya