Dorman Borisman Sakit Apa? Kabar Duka Penyebab Kardiman Meninggal Dunia Dibeberkan Sahabat Dekat, Begini Pengakuannya

Dorman Borisman Sakit Apa? Kabar Duka Penyebab Kardiman Meninggal Dunia Dibeberkan Sahabat Dekat, Begini Pengakuannya

Dorman Borisman Sakit Apa? Kabar Duka Penyebab Kardiman Meninggal Dunia Dibeberkan Sahabat Dekat, Begini Pengakuannya--

Dorman Borisman Sakit Apa? Kabar Duka Penyebab Kardiman Meninggal Dunia Dibeberkan Sahabat Dekat, Begini Pengakuannya

Siapa Dorman Borisman aka Kardiman? Kabar Duka Meninggal Usai Amputasi Kaki? Cek Penyebab Kematian hingga Riwayat Sakit Beserta Karya


Hari ini, kita semua meratapi kepergian seorang tokoh yang sangat dihormati dalam dunia seni peran, yakni Dorman Borisman atau yang lebih akrab dikenal sebagai Kardiman. Beliau telah menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (7/5/2024), meninggalkan kita semua dengan kesedihan yang mendalam.

Baca juga: Profil Biodata Diding Ketua RT di Tangsel Pemicu Penganiayaan Mahasiswa UNPAM Saat Doa Rosiario, Diserang Pakai Sajam Kini Masuk Penjara

Perjalanan hidup panjang Kardiman kini telah mencapai akhirnya. Di usia yang telah mencapai 73 tahun, beliau meninggalkan kita di Rumah Sakit Moch Ridwan Meuraksa Jakarta. Kabar duka ini tidak hanya sekadar isapan jempol, melainkan telah dikonfirmasi oleh salah satu rekannya yang tak lain adalah aktor senior yang juga terhormat, Eddie Karsito.



×

Kepergian Kardiman tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat, namun juga bagi seluruh komunitas seni peran Indonesia. Dalam karirnya yang cemerlang, Kardiman telah menjadi panutan bagi banyak generasi pemeran Indonesia. Dengan berbagai peran yang diperankannya, beliau telah menorehkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah perfilman dan teater Tanah Air.

"Iya meninggal jam 19.00 WIB di rumah sakit dekat Taman Mini situ," ujar Eddie ketika ditemui di daerah Taman Mini, Jakarta Timur, pada hari yang sama.

Eddie menjelaskan bahwa Kardiman telah berjuang melawan berbagai penyakit selama lima tahun terakhir ini, yang mengharuskannya untuk berulang kali menjalani perawatan di berbagai rumah sakit.

"Abang ini sudah lima tahun terakhir keluar masuk rumah sakit. Jadi sudah beberapa rumah sakit lah. Abang ini kan pertama stroke, stroke pertama aman, stroke kedua bikin kondisinya kurang membaik lah. Ya rawat berjalan,"ungkap Eddie.

Baca juga: Siapa Ruby Wijnenn? Wanita yang Dikabarkan Dekat Dengan Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On: Lengkap Dengan Profil dan Biodata

Baca juga: Nathan Tjoe-A-On Pacarnya Siapa? Profil dan Biodata Ruby Wijnenn yang Digosipkan Dekat Dengan Pemain Timnas Indonesia

Selama perjalanan sakitnya, Kardiman mengalami komplikasi dari beberapa penyakit yang dideritanya.

"Abang kan penyakitnya enggak cuma satu, ada gula, terindikasi ada anemia. Kemudian sejak September 2023 abang sulit komunikasi verbal, cuma duduk, tidur, bangun," tambah Eddie.

"Tapi masih bisa interaksi dengan gesture lah. Sejak puasa kemarin abang kondisinya makin menurun, kemudian jempol kakinya mulai bengkak dan membiru akibat gula," terang Eddie.

Eddie juga mengungkapkan bahwa Kardiman sempat dianjurkan untuk melakukan amputasi. Sebelum kematiannya, Kardiman dirawat di rumah sakit selama seminggu terakhir.

lanjutan,

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya