Cek Fakta Kasus Uang Hilang yang Ramai di Sosmed, Apa Benar Terjadi?

Cek Fakta Kasus Uang Hilang yang Ramai di Sosmed, Apa Benar Terjadi?

Bukan Hoax! Link DANA Kaget Bagi-bagi Rp 100 Ribu untuk Kamu! Buruan Klaim di Tautan Resmi!--

Disebarkan oleh Akun Bodong dan Buzzer

Konten yang memuat cerita tentang ketidakamanan menabung di bank dan ajakan untuk menarik seluruh uang di BRI ini cukup mengkhawatirkan dan sering kali diposting oleh akun-akun yang tidak kredibel.

Sebagai contoh, akun Instagram @kr1t1k_p3d45 pada tanggal 3 Mei 2024 membagikan sebuah video yang diambil dari tahun 2023 di portaljtv.com dengan narasi bahwa menabung di bank tidak aman karena ada uang nasabah yang "hilang".


Pada bulan April sebelumnya, juga viral di media sosial TikTok @rakyatdotnews dan WhatsApp mengenai kasus kehilangan uang Rp400 juta milik nasabah di Makassar bernama Sigit Presetya pada tahun 2018, yang ternyata uang tersebut diambil sendiri oleh Sigit dan diinvestasikan ke pihak yang tidak resmi (bodong) yakni teman dekatnya, Zul Ilman Amir, mantan pekerja BRI.

Selain itu, akun media sosial (Instagram, TikTok, Facebook) Rama News (@ramanews) pada tanggal 23 April 2024 juga membagikan video yang ternyata sudah terklarifikasi sebagai hoaks.

Video itu diambil dari akun TikTok widia_pengamatpolitik dengan narasi bahwa kehilangan uang oleh nasabah BRI adalah akibat dari pemilu sebagai serangan bantuan sosial.

Penuh dengan Informasi Hoaks dan Kejadian Lama



×

Kejadian kehilangan uang yang sedang viral sebenarnya adalah kejadian lama dengan informasi yang tidak lengkap.

Sebagai contoh, video yang diunggah oleh akun Instagram kr1t1k_p3d45 di platform X merupakan kejadian yang sudah lama (12 Juni 2023), di mana ketiga nasabah tersebut merupakan korban dari penipuan online atau social engineering.

"Jadi tidak benar jika diceritakan bahwa menabung di bank tidak aman, karena dalam kejadian tersebut nasabah menjadi korban dari pelaku kejahatan social engineering atau penipuan perbankan," tambah Hendy.

Sementara informasi yang kembali viral di media sosial TikTok @rakyatdotnews tentang kasus investasi bodong Rp400 juta oleh nasabah bernama Sigit Presetya di BRI Makassar adalah kejadian pada tanggal 29 Agustus 2018.

TAG:
Sumber:

im

Berita Lainnya