Daftar Barang dan Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa Pria dan Wanita, Mulai Obat, Pakaian hingga Beberapa Dokumen Berikut Ini

Daftar Barang dan Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa Pria dan Wanita, Mulai Obat, Pakaian hingga Beberapa Dokumen Berikut Ini

Daftar Barang dan Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa Pria dan Wanita, Mulai Obat, Pakaian hingga Beberapa Dokumen Berikut Ini-pexel-

Perlengkapan yang diperlukan oleh jemaah haji, baik pria maupun wanita, memiliki peran yang vital dalam mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah serta memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka selama berada di Arab Saudi.

Penting untuk memilih dengan cermat perlengkapan yang akan dibawa, dengan fokus pada barang-barang yang dianggap esensial, mengingat banyaknya barang yang dapat diperoleh di Arab Saudi, seperti makanan, yang sebaiknya tidak dibawa secara berlebihan.


Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan dalam perlengkapan yang dibutuhkan antara jemaah pria dan wanita, yang paling mencolok adalah dalam hal pakaian ihram, yang memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan jenis kelaminnya.

Berikut adalah daftar perlengkapan yang perlu dipersiapkan oleh jemaah haji, baik pria maupun wanita:

1. Pakaian:

Pemilihan pakaian harus disesuaikan dengan musim di Arab Saudi untuk menjamin kenyamanan sehari-hari.



×

Selain itu, juga disarankan untuk membawa perlengkapan tambahan seperti mukena, masker, peci, handuk, dan lain sebagainya. Khusus untuk ihram, jemaah pria memerlukan dua lembar kain putih tanpa jahitan, yang sebaiknya dibawa dalam jumlah yang cukup untuk diganti jika kotor atau sebagai cadangan.

Sementara itu, jemaah wanita memerlukan baju muslimah putih sebagai ihram, yang juga sebaiknya dibawa dalam jumlah yang cukup untuk diganti.

2. Perlengkapan mandi:

Perlengkapan mandi sebaiknya dibawa dalam jumlah yang cukup, meskipun umumnya sudah disediakan oleh penyelenggara haji di tanah suci. Perlengkapan ini meliputi sabun mandi, sikat gigi, handuk, pasta gigi, sampo, dan sebagainya.

3. Obat-obatan dan P3K:

Jemaah yang membutuhkan obat secara rutin perlu memastikan untuk membawanya selama perjalanan. Selain itu, disarankan juga untuk membawa sediaan obat umum seperti parasetamol/aspirin, obat diare, obat batuk, dan vitamin sebagai langkah pencegahan.

Perlengkapan pertolongan pertama (P3K) juga perlu dibawa, seperti kain kasa, obat merah, hand sanitizer, oralit, dan lain sebagainya.

4. Dokumen:

Berbagai dokumen penting harus disiapkan selama perjalanan di tanah suci, termasuk paspor dan visa beserta salinannya, cadangan foto identitas, Daftar Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH), Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH), dokumen bukti istitha’ah, bukti vaksin seperti vaksin meningitis, influenza, dan COVID-19, bukti hasil pemeriksaan bagi wanita usia subur, salinan preskripsi obat (jika diperlukan), serta asuransi kesehatan.

Selain itu, membawa identitas teman atau keluarga yang dapat dihubungi dan buku manasik haji serta doa juga sangat dianjurkan.

lanjutan,

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya