Pemekaran Wilayah Jawa Tengah, Munculnya Provinsi-Provinsi Baru yang Menarik Perhatian, Diisukan Menjadi Berpisah dan Menjadi Wilayah Baru?

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah, Munculnya Provinsi-Provinsi Baru yang Menarik Perhatian, Diisukan Menjadi Berpisah dan Menjadi Wilayah Baru?

daerah-MemoryCatcher/pixabay-

Baca juga: Bukan Malang Apalagi Jombang, Ternyata Madura Bakal Jadi Ibukota Baru Hingga Buat Surabaya Ngambek dan Ingin Keluar dari Jatim

Provinsi Jawa Utara (Muria Raya)

Provinsi Jawa Utara, atau yang lebih dikenal dengan nama Muria Raya, juga masuk dalam wacana pemekaran dari Jawa Tengah. Kudus diproyeksikan menjadi ibu kota dari provinsi ini.

Wilayah yang Akan Masuk Provinsi Jawa Utara:

  1. Kabupaten Kudus
  2. Kabupaten Pati
  3. Kabupaten Jepara
  4. Kabupaten Rembang
  5. Kabupaten Blora
  6. Kabupaten Grobogan

Dengan adanya pemekaran ini, diharapkan kawasan utara Jawa Tengah dapat lebih berkembang dan pelayanan publik menjadi lebih baik.

Provinsi Banyumas

Provinsi Banyumas juga tengah dibahas sebagai salah satu wilayah yang akan memisahkan diri dari Jawa Tengah. Kota Purwokerto direncanakan menjadi ibu kota provinsi baru ini.

Wilayah yang Akan Masuk Provinsi Banyumas:

  1. Kabupaten Banyumas
  2. Kabupaten Brebes
  3. Kabupaten Cilacap
  4. Kabupaten Tegal
  5. Kota Tegal
  6. Kabupaten Purbalingga
  7. Kabupaten Banjarnegara
  8. Kabupaten Kebumen

Dengan terbentuknya Provinsi Banyumas, diharapkan pemerataan pembangunan di wilayah barat daya Jawa Tengah dapat lebih cepat tercapai.



×

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya