Jelang Pilgub 2024, Rencana Pemekaran Jawa Barat Makin Sering Digaungkan dengan 8 Daerah Baru yang Bakal jadi Korban dari Bandung Hingga Sukabumi

Jelang Pilgub 2024, Rencana Pemekaran Jawa Barat Makin Sering Digaungkan dengan 8 Daerah Baru yang Bakal jadi Korban dari Bandung Hingga Sukabumi

jawa barat-Gustomak/pixabay-

Perlu Pemekaran, Kenapa?
Sejak 2020 hingga 2022, sudah delapan usulan pemekaran wilayah diletakkan di meja diskusi. Harapannya sederhana: dengan lebih banyak daerah otonom baru (DOB), pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi bisa optimal.

Daftar Usulan Kabupaten Baru di Jawa Barat
1. Kabupaten Cianjur Selatan: Lebih Dekat, Lebih Baik
Kabupaten Cianjur Selatan meraih perhatian sebagai salah satu kandidat pemekaran. Potensinya? Luas, mencakup 14 kecamatan dari Pagelaran hingga Naringgul. Jika terwujud, pusat pelayanan dan ekonomi akan terpusat di Sindangbarang.


Baca juga: Bingung Pilih iPhone Baru? Ini Daftar Harga Iphone di IBOX Lengkap Fitur dan Harga dari iPhone 11 sampai iPhone 15!

2. Kabupaten Sukabumi Utara: Dari Rencana ke Kenyataan
Pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara sudah disetujui DPRD Jawa Barat pada 2020. Dengan 21 kecamatan di bawah naungannya, Cibadak diproyeksikan sebagai ibu kota yang baru.

3. Bogor Barat dan Bogor Timur: Kembar yang Berbeda
Pemekaran Bogor Barat dan Bogor Timur memperlihatkan komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik. Leuwiliang dan satu kecamatan lainnya dijadikan ibu kota, mempercepat pembangunan di kedua wilayah ini.



×

4. Kabupaten Tasikmalaya Selatan: Pemerataan dan Kemajuan
Karangnunggal disorot sebagai potensi ibu kota baru di Kabupaten Tasikmalaya Selatan. Dengan pemekaran, diharapkan kemajuan dan pemerataan pembangunan semakin terasa.

Baca juga: Daftar Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Kuno Indonesia

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya