Sumatera Utara Bangun Pondasi Baru? Wacana Pemekaran 5 Daerah Otonom Baru Muncul, Cek Nama Kabupaten Usulkan Bentuk Provinsi Baru Termasuk Wilayah Anda?

Sumatera Utara Bangun Pondasi Baru? Wacana Pemekaran 5 Daerah Otonom Baru Muncul, Cek Nama Kabupaten Usulkan Bentuk Provinsi Baru Termasuk Wilayah Anda?

daerah-soultrain/pixabay-

Baca juga: Pemeriksaan Sandra Dewi Sebagai Saksi Akan Dijadwalkan Kembali oleh Kejagung

Baca juga: Diklaim Sebagai Kota Tertua di Indonesia Kalahkan Jakarta, Banjarmasin Ibu Kota Lagi Kembali Bergaung di DPD RI


Bicara soal pemekaran, tidak bisa dilewatkan tanpa menyebut Tapanuli Tenggara, sebuah wilayah yang disebut-sebut akan menjadi provinsi baru.

Wilayah ini meliputi bagian selatan dari Tapanuli, yang mencakup Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, serta kota Padang Sidempuan.

Namun, tak hanya itu, ada pula wacana menarik yang menyebutkan bahwa nantinya ibu kota Provinsi Sumatera Tenggara akan berada di kota Padang Sidempuan.



×

Alasan-alasan strategis pun diutarakan, seperti keberadaan beberapa wilayah dalam Provinsi Sumatera Tenggara yang dulunya merupakan bagian dari bekas Kerisidenan Pemerintahan Hindia Belanda.

Menilik lebih dalam, Sumatera Utara memang memiliki sejarah yang kaya, terdiri dari beberapa keresidenan, seperti Aceh, Sumatera Timur, dan Tapanuli.

Dinamika pemekaran ini menjadi sorotan menarik, menandai babak baru dalam perjalanan panjang Sumatera Utara dalam kancah administrasi dan pembangunan daerah.

***
Editor: Riani Dwi Ningsih
TAG: #pemekaran wilayah #daerah #kecamatan #kabupaten #desa #dusun #bentuk otonomi baru #rencana pemekaran #isu pemekaran
Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya