HEBOH! Sumatera Utara Dikabarkan Berpotensi Memekarkan 5 Bagian Baru, Wilayah Mana yang Berencana Memisahkan Diri? Bukan Daerah Tapanuli?

HEBOH! Sumatera Utara Dikabarkan Berpotensi Memekarkan 5 Bagian Baru, Wilayah Mana yang Berencana Memisahkan Diri? Bukan Daerah Tapanuli?

daerah-MemoryCatcher/pixabay-

Baca juga: Daftar Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Kuno Indonesia

Baca juga: Pemeriksaan Sandra Dewi Sebagai Saksi Akan Dijadwalkan Kembali oleh Kejagung


Tak hanya sekadar isu, pemekaran Sumatera Utara telah menghasilkan langkah nyata, salah satunya adalah kemungkinan terbentuknya provinsi baru, Tapanuli Tenggara, yang meliputi wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Wilayah Tabagsel ini akan mencakup Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, serta kota Padang Sidempuan.

Bukan hanya itu, rencana lain juga telah muncul, yang mengindikasikan bahwa kota Padang Sidempuan akan menjadi ibu kota Provinsi Sumatera Tenggara.



×

Alasan-alasan tertentu juga muncul sebagai pembenaran atas pemekaran wilayah ini, terutama karena beberapa daerah di Provinsi Sumatera Tenggara yang berada dalam bekas Kerisidenan Pemerintahan Hindia Belanda.

Provinsi Sumatera Utara sendiri terdiri dari beberapa keresidenan, seperti Aceh, Sumatera Timur, dan Tapanuli, yang semuanya menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki wilayah tersebut.

***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya