Gagal Dapat Restu Pemerintah! Kabupaten Besar di Jawa Tengah Seluas 1.335,30 Km2 Tak Jadi Ibu Kota Provinsi Padahal Sempat Kowar-kowar? Daerah Mana Asalnya?

 Gagal Dapat Restu Pemerintah! Kabupaten Besar di Jawa Tengah Seluas 1.335,30 Km2 Tak Jadi Ibu Kota Provinsi Padahal Sempat Kowar-kowar? Daerah Mana Asalnya?

ilustrasi Top 3 Kabupaten dengan Jumlah Penduduk Miskin Terbesar di Jawa Timur, Terungkap Posisi Malang Nomor Berapa?-UNPLASH-

Hibnu Nugroho mengungkapkan bahwa nama "Banyumas Raya" terkesan terlalu fokus pada satu daerah saja dan kurang mencakup seluruh wilayah yang diusulkan untuk bergabung dalam provinsi baru tersebut.

Menurutnya, menggunakan nama "Jawa Selatan" lebih inklusif dan sesuai dengan lokasi geografis kabupaten dan kota yang direncanakan untuk bergabung dalam provinsi baru tersebut.


Namun, rencana ini mendapat penolakan dari berbagai pihak, termasuk dari para elit politik.

Salah satu yang menolak adalah Bupati Banyumas saat itu, Achmad Husein, yang menganggap rencana tersebut akan menghabiskan anggaran yang besar.

Baca juga: Inilah Tampang Alfazan Nugroho, Turis Indonesia yang Diduga Merusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen Beberkan Identitas: Orang Sidoarjo 



×

Baca juga: Profil dan Tampang Bainca Alyssa, Sosok yang Diduga Selingkuhan Dari Lettu Agam, Apa Benar Anaknya Salah Satu Orang Berpangkat di Malang?

Baca juga: Bianca Alyssa Anak Siapa? Wanita yang Diduga Salah Satu Selingkuhan Lettu Agam, Ayahnya Ternyata Orang Penting di Malang 

Menurutnya, kondisi Provinsi Jawa Tengah saat ini sudah cukup baik dan tidak memerlukan pemekaran wilayah.

Penolakan tersebut mengurangi kemungkinan terlaksananya rencana pembentukan Provinsi Jawa Selatan, padahal Banyumas dianggap sebagai kandidat yang potensial untuk menjadi ibu kota baru.

Dampak dari penolakan ini membuat kabupaten seluas 1.335,30 km2 yang awalnya diusulkan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Selatan mengalami potensi kegagalan.

Sebagai gantinya, wilayah yang dijadikan ibu kota adalah Purwokerto, yang secara administratif telah menjadi ibu kota Kabupaten Banyu ***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya