Sekolah Waspada! Daftar 5 Wilayah Anti Study Tour dari Jawa Barat Sampai Jakarta Bakal Tolak Bus-bus Bawa Siswa?

Sekolah Waspada! Daftar 5 Wilayah Anti Study Tour dari Jawa Barat Sampai Jakarta Bakal Tolak Bus-bus Bawa Siswa?

Sekolah Waspada! Daftar 5 Wilayah Anti Study Tour dari Jawa Barat Sampai Jakarta Bakal Tolak Bus-bus Bawa Siswa?-pexel-

Jawa Barat

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengeluarkan edaran terkait izin pelaksanaan study tour untuk satuan pendidikan pada 12 Mei 2024.

Aturan ini, yang tertuang dalam surat edaran Nomor: 64/PK.01/Kesra, merupakan respons atas kecelakaan maut di Ciater, Subang.


Meskipun tidak melarang sepenuhnya, SE tersebut menetapkan prosedur lebih ketat, termasuk pemeriksaan kondisi kendaraan yang akan digunakan.

Sumatra Barat

Dinas Pendidikan Sumatra Barat melarang kegiatan darmawisata, study tour, perkemahan, dan kegiatan lain yang melibatkan guru dan siswa melalui Surat Edaran Nomor: 100.3.4.1/1366/DISDIK/DISDIK-2024 pada 14 Mei 2024.

Keputusan ini diambil karena kondisi cuaca yang tidak kondusif dan situasi bencana yang masih berlangsung.

Pontianak



×

Penjabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, melarang sekolah-sekolah, terutama SD dan SMP, untuk menyelenggarakan study tour ke luar kota dalam rangka perpisahan sekolah. Larangan ini dinyatakan dalam surat edaran wali kota nomor 400.3.5/28/2024.

Selain itu, Ani Sofian juga mengimbau agar acara perpisahan sekolah digelar secara sederhana untuk mengurangi beban orang tua siswa.

Dengan berbagai kebijakan ini, diharapkan pengaturan lebih ketat terhadap kegiatan study tour dapat memberikan perlindungan lebih baik bagi siswa serta meminimalkan risiko yang terkait.***

 

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya