Rebusan Daun Pepaya Bikin Badan Jadi Mantap Begini Manfaat untuk Kecantikan, Cari Tahu Cara Rebus Daun Pepaya Biar Tidak Pahit

Rebusan Daun Pepaya Bikin Badan Jadi Mantap Begini Manfaat untuk Kecantikan, Cari Tahu Cara Rebus Daun Pepaya Biar Tidak Pahit

Rebusan Daun Pepaya Bikin Badan Jadi Mantap Begini Manfaat untuk Kecantikan, Cari Tahu Cara Rebus Daun Pepaya Biar Tidak Pahit-pexel-

4. Sifat Anti-inflamasi

Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tumbuhan yang memiliki potensi manfaat anti-inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.


Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada hewan percobaan yang menderita radang sendi. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengonfirmasi manfaat ini pada manusia.

5. Mendukung Kesehatan Kulit

Rebusan daun pepaya juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Enzim papain dalam daun pepaya dapat digunakan sebagai eksfolian untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi pori-pori tersumbat, pertumbuhan rambut ke dalam, dan jerawat.



×

Selain itu, enzim ini juga telah terbukti mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi munculnya jaringan parut. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi buah dan daun pepaya harus seimbang dengan pola hidup sehat yang mencakup konsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

Bagaimana Cara Rebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Berbagai sumber telah mengungkapkan beberapa metode yang efektif untuk merebus daun pepaya agar tidak memiliki rasa pahit yang mengganggu.

Selain itu, penggunaan teknik ini juga memastikan bahwa daun pepaya tetap segar dan lembut saat dimasak.

  • Pertama-tama, salah satu cara yang sering direkomendasikan adalah dengan menggunakan soda kue. Dalam buku "Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Oseng-Oseng" karya Indriani (2013), disarankan untuk menambahkan setengah sendok teh soda kue ke dalam air rebusan saat merebus 300 gram daun pepaya. Hal ini diklaim dapat menjaga warna hijau alami dari daun pepaya.
  • Alternatif lainnya adalah merebus daun pepaya bersama dengan daun singkong atau mengkudu. Sebagaimana dijelaskan dalam buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" karya Aphrodittaa M. Shanty (2020), teknik ini dapat mengurangi rasa pahit dari daun pepaya. Dengan merebusnya bersama-sama, efek pahitnya dapat berkurang secara signifikan.
  • Metode lain yang dapat diterapkan adalah dengan meremas-remas daun pepaya setelah direbus. Proses ini membantu melepaskan getah dari daun pepaya dan mengurangi rasa pahitnya. Selanjutnya, melakukan pencucian berulang kali juga dapat membantu menghilangkan rasa pahit. Dengan mencuci daun pepaya sambil meremas-remasnya, zat-zat yang menyebabkan pahit dapat terbuang bersama air cucian.
  • Sementara itu, perebusan berulang kali juga merupakan metode yang efektif. Seperti yang dijelaskan oleh Siswanto, seorang Sous Chef dari Hotel Santika Pasir Koja, dalam sebuah artikel di Kompas.com (27/09/2020), melakukan proses perebusan secara berulang dapat mengurangi rasa pahit dari daun pepaya. Dalam proses ini, daun pepaya direbus bertahap dengan durasi yang berbeda, dan setiap tahap diikuti dengan proses pencucian menggunakan air dingin.

Dengan menerapkan salah satu atau kombinasi dari metode-metode tersebut, Anda dapat menikmati daun pepaya yang lezat dan bebas dari rasa pahit yang mengganggu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya