Larangan-Larangan yang Paling Terkenal dalam Masyarakat Sunda, Benarkah Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa Timur?

Larangan-Larangan yang Paling Terkenal dalam Masyarakat Sunda, Benarkah Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa Timur?

sunda-sasint/Pixabuy-

5. Tidak Mengubur Kucing Hitam yang Tertabrak
Mengubur kucing hitam yang tertabrak adalah kewajiban bagi masyarakat Sunda. Konon, jika kucing hitam yang tertabrak tidak dikubur, maka pelakunya akan mengalami kesialan. Oleh karena itu, jika ada kucing hitam yang tertabrak, masyarakat Sunda akan segera menguburnya.

6. Menikah dengan Orang Jawa
Pantangan yang satu ini cukup kontroversial dan terkenal di masyarakat Sunda, yaitu larangan menikah dengan orang Jawa. Dipercaya bahwa pernikahan antara orang Sunda dan Jawa tidak akan langgeng. Hal ini sering dikaitkan dengan peristiwa sejarah Perang Bubat antara Kerajaan Pajajaran dan Majapahit yang meninggalkan trauma bagi orang Sunda.


Baca juga: 3 Rekomendasi Nasi Campur di Bali Terkenal Nikmat dan Enak, Rasanya Nendang Banget! Ada Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku?

7. Memakai Baju Hijau di Pantai
Larangan terakhir yang sangat terkenal adalah memakai baju hijau di pantai. Masyarakat Sunda percaya bahwa orang yang memakai baju hijau di pantai akan dibawa oleh Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Warna hijau dianggap sebagai warna favorit Nyi Roro Kidul, sehingga memakai baju hijau di pantai bisa menarik perhatiannya dan membawa nasib buruk.***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya