Hemat Gila? Kenapa Kuliah di Thailand Bisa Lebih Terjangkau daripada di Indonesia? Cek Perbedaan Biaya Kuliah

Hemat Gila? Kenapa Kuliah di Thailand Bisa Lebih Terjangkau daripada di Indonesia? Cek Perbedaan Biaya Kuliah

Hemat Gila? Kenapa Kuliah di Thailand Bisa Lebih Terjangkau daripada di Indonesia? Cek Perbedaan Biaya Kuliah -nikolayhg/pixabay-

Berapa Biaya Kuliah di Thailand?

Thailand menjadi salah satu tujuan menarik bagi calon mahasiswa yang mencari destinasi studi yang menjanjikan.

Salah satu daya tarik utamanya adalah program-program kelas internasional yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Thailand.


Mereka sering dianggap memiliki biaya kuliah yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sebagian besar institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Untuk memahami seberapa terjangkau biaya kuliah di Thailand, perlu diperhatikan bahwa biayanya bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti status perguruan tinggi, program studi, jenjang pendidikan, dan reputasi institusi tersebut. Mirip dengan di Indonesia, Thailand memiliki perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS).

Secara umum, biaya kuliah di PTS Thailand cenderung lebih tinggi daripada di PTN. Menurut data dari Masters Portal, biaya rata-rata untuk program sarjana di PTN Thailand berkisar antara 1.819 hingga 1.938 dolar AS per semester, setara dengan sekitar Rp29 juta hingga Rp30,9 juta.



×

Baca juga: 10 Tips Membeli iPhone Bekas, Lakukan Cara Ini Agar Tidak Tertipu Malah Dapat yang Kw

Baca juga: Pemekaran Jateng Pecah! 9 Daerah Ini Siap Jadi Provinsi Baru dan Gabung Banyumasan, Warga Jawa Tengah Bingung Fakta atau Wacana?

Baca juga: Kota Ende di Pulau Flores Rencananya Akan Dipindahkan ke Provinsi Baru? Ini Informasi Tentang Rencana Pemekaran NTT, Ada Daerah Lainnya yang Bakal Menjadi Bagian Baru?

Sebagai contoh, Thammasat University di Pattaya dan Lampang menawarkan biaya kuliah sekitar 977 dolar AS per tahun atau sekitar Rp15 juta per tahun (Rp7,5 juta per semester) pada tahun 2023.

Sedangkan Mahasarakham University di Chang Wat Maha Sarakham membebankan biaya sekitar 1.456 dolar AS atau sekitar Rp23,2 juta per tahun.

Namun, PTN dengan reputasi tinggi di Thailand biasanya membebankan biaya kuliah yang lebih tinggi.

lanjutan,

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya