4 Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya yang Menjadi Pusat Aktivitas Maritim, Salah Satunya Ada di Probolinggo dan Lamongan?

4 Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya yang Menjadi Pusat Aktivitas Maritim, Salah Satunya Ada di Probolinggo dan Lamongan?

daerah--

Baca juga: Mending Mana Samsung S24 Ultra atau iPhone 15 Pro Max? Begini Perbandingan Performa, Desain hingga Tampilan Gahar 2 HP Populer di Asia

Selain itu, Pelabuhan Ketapang juga menjadi tulang punggung ekonomi bagi daerah sekitarnya, berkat kontribusinya dalam distribusi barang dan mobilitas orang.


Para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Bali sering memulai perjalanan mereka dari sini, menikmati pemandangan laut dan udara segar sebelum mencapai destinasi wisata populer tersebut.

2. Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan Kalianget terletak di Sumenep dan berfungsi sebagai penghubung antara daratan Sumenep dengan pulau-pulau sekitarnya seperti Kangean, Sapudi, dan Sapeken.

Pelabuhan ini memiliki sejarah panjang, dibangun pada masa kolonial Belanda dan hingga kini masih berfungsi sebagai jalur distribusi utama bagi PT Garam.



×

Tidak hanya berperan dalam distribusi garam, Pelabuhan Kalianget juga menjadi sarana transportasi penting bagi masyarakat di wilayah timur Sumenep dan sebagian Pulau Jawa.

Kapal-kapal yang berlayar dari pelabuhan ini membawa berbagai barang kebutuhan sehari-hari, menjadikan Kalianget sebagai denyut nadi perdagangan antar pulau.

3. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo mungkin adalah pelabuhan tertua di kawasan ini. Pada masa penjajahan Belanda, pelabuhan ini digunakan sebagai pintu ekspor hasil perkebunan ke Eropa.

Hingga kini, Tanjung Tembaga tetap menjadi lokasi penting untuk bongkar muat kapal besar dan sarana transportasi antar pulau.

Selain fungsi utamanya, pelabuhan ini juga telah berkembang menjadi tujuan wisata. Banyak kapal pesiar yang memilih Tanjung Tembaga sebagai tempat berlabuh, menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan laut serta pesona kota Probolinggo.

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya