9 Daftar Kota dan Kabupaten Baru yang Bakal jadi Keunggulan Sumatera Selatan Usai Resmi Dimekarkan oleh Kemendagri 76 Desa dan 1 Kelurahan Siap Dikorbankan

9 Daftar Kota dan Kabupaten Baru yang Bakal jadi Keunggulan Sumatera Selatan Usai Resmi Dimekarkan oleh Kemendagri 76 Desa dan 1 Kelurahan Siap Dikorbankan

Bukan Pinggiran? Inilah 3 Kabupaten Termiskin di Sumatera Utara yang Penduduknya Kekurangan Sandang dan Pangan, Langkat dan Deli Serdang TERMASUK-UNPLASH-

3. Kabupaten Rambang Lumbai Lematang
Kabupaten Rambang Lumbai Lematang juga merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim. Wilayah yang akan dimasukkan ke dalam kabupaten baru ini meliputi enam kecamatan: Rambang, Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Lubai Ulu, Belimbing, dan Lubai. Pemekaran ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dan perekonomian di wilayah tersebut.

4. Kabupaten Besemah
Kabupaten Besemah akan diambil dari Kabupaten Lahat dan mencakup kecamatan Jarai, Sukemerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti Pumu, Tanjung Sakti Pumi, dan Kota Agung. Dengan adanya pemekaran ini, diharapkan potensi lokal dapat lebih dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.


Baca juga: Diskon sd 40% Katalog Promo JSM Superindo Hari Ini Sabtu Minggu 18-19 Mei 2024 di Jabodetabek, Jombang, SBY, Kediri, Cirebon: Sunligt Sampai Minyak

5. Kabupaten Kikim Area
Kabupaten Kikim Area juga berasal dari Kabupaten Lahat. Wilayah ini akan meliputi kecamatan Kikim Timur, Kikim Tengah, Kikim Barat, Kikim Selatan, dan Pseksu. Dengan luas wilayah sekitar 4.361,83 kilometer persegi, kabupaten ini mencakup 89 desa. Pemekaran ini diharapkan dapat meningkatkan akses layanan publik di wilayah-wilayah terpencil.

6. Kabupaten Pantai Timur
Pemekaran Kabupaten Pantai Timur diusulkan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kabupaten ini mencakup lima kecamatan: Tulang Selapan, Air Sugihan, Pangkalan Lampam, Sungai Menang, dan Cengal. Wacana ini telah ada selama 20 tahun, namun hingga kini belum terealisasi. Dengan adanya pemekaran ini, diharapkan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah pantai timur dapat lebih cepat berkembang.



×

7. Kabupaten Muba Timur
Kabupaten Muba Timur diusulkan dari Kabupaten Musi Banyuasin. Kecamatan yang diusulkan untuk bergabung antara lain Babat Supat, Sungai Lilin, Tungkal Jaya, Bayung Lencir, Lalan, dan Keluang. Pemekaran ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan perekonomian di wilayah-wilayah yang termasuk dalam kabupaten baru ini.

Baca juga: Alhamdulillah Cair Saldo DANA Rp 600 Ribu Hari Ini Sabtu 18 Mei 2024, Klik Link Berikut dan Masukkan Nomor KTP Auto Tarik Tunai!

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya