Terancam Dibatalkan! Inilah Alasan Tol Bengkulu Makin Sepi Peminat, Ternyata Biaya Tol yang Terlalu Mahal?

Terancam Dibatalkan! Inilah Alasan Tol Bengkulu Makin Sepi Peminat, Ternyata Biaya Tol yang Terlalu Mahal?

jalan tol-daveharrhy740/pixabay-

Provinsi Bengkulu, yang terkenal dengan bunga raflesianya, kini memiliki jalan tol sepanjang 16,7 kilometer yang menjadi bagian dari JTTS.

Jalan tol ini menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan, dan merupakan satu-satunya ruas tol yang telah selesai dibangun di antara kedua wilayah tersebut hingga pertengahan tahun 2024.


Tingkat Lalu Lintas yang Masih Rendah
Meski telah dioperasikan, Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung masih minim peminat.

Kurangnya konektivitas yang sempurna diduga menjadi salah satu alasan utama.

Berdasarkan data dari Hutama Karya, selama libur panjang memperingati Kenaikan Yesus Kristus pada 8-12 Mei 2024, Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di ruas tol ini tercatat sebanyak 9.667 kendaraan.



×

Meskipun mengalami peningkatan sebesar 26 persen dari lalu lintas normal, jumlah ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan ruas tol lain dalam jaringan JTTS.

Sebagai perbandingan, ruas Jalan Tol Palembang Prabumulih (Palindra & Inprabu) mencatat 61.350 kendaraan yang melintas pada periode yang sama, dengan peningkatan 6 persen dari volume lalu lintas normal.

Baca juga: Gunung Emas di Sumatera Barat ini Jadi Tempat Ditaruhnya Harta Kekayaan Pejabat VOC yang Sudah Berusia 150 Tahun Terletak di Desa

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya