Kabupaten Renah Indo Jati Bukan Juaranya! Inilah 5 Kabupaten Baru yang Bakal jadi Anggota Wilayah di Sumatera Barat, Kalau Agam To?

Kabupaten Renah Indo Jati Bukan Juaranya! Inilah 5 Kabupaten Baru yang Bakal jadi Anggota Wilayah di Sumatera Barat, Kalau Agam To?

sumatera-ihsanadity/pixabay-

Berikut adalah lima calon kabupaten baru di Sumatera Barat yang sedang dalam proses pengajuan.

1. Kabupaten Agam Tuo
Kabupaten Agam yang beribu kota di Bukittinggi memiliki potensi untuk dimekarkan menjadi Kabupaten Agam Tuo. Pemekaran ini didasarkan pada letak geografis Agam yang terbagi menjadi wilayah pesisir dan dataran tinggi. Wilayah yang diusulkan untuk bergabung meliputi Kecamatan Hampeangke, Kecamatan Canduang, Kecamatan Baso, Kecamatan Kamang Magek, Kecamatan Tilatang Kamang, dan Kecamatan Maninjau, serta beberapa kecamatan lainnya.


Rencana ini telah mendapat persetujuan dari DPRD Agam pada 18 Maret 2024, dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara pimpinan DPRD dan Bupati Agam. Selanjutnya, proposal ini akan diajukan ke DPRD Provinsi, Gubernur, dan akhirnya ke pemerintah pusat.

2. Kabupaten Pasaman Utara
Kabupaten Pasaman Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pasaman Barat. Meskipun Pasaman Barat baru dimekarkan 18 tahun lalu, wilayah ini sudah layak untuk kembali dimekarkan karena luas wilayah dan jumlah penduduk yang signifikan. Pasaman Utara, yang memiliki penduduk multietnis, akan mencakup Kecamatan Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Koto Balingka, Sungai Beremas, dan Ranah Batahan. Ibu kota kabupaten ini direncanakan berada di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

Baca juga: MIRIS! Tol Bengkulu Jadi Paling Nggak Laku Se-JTTS, Berawal Dari Hanya 10 Ribu yang Melintas, Fix Proyek Bakal Batal!



×

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya