Kabupaten Renah Indo Jati Bukan Juaranya! Inilah 5 Kabupaten Baru yang Bakal jadi Anggota Wilayah di Sumatera Barat, Kalau Agam To?

Kabupaten Renah Indo Jati Bukan Juaranya! Inilah 5 Kabupaten Baru yang Bakal jadi Anggota Wilayah di Sumatera Barat, Kalau Agam To?

sumatera-ihsanadity/pixabay-

3. Kabupaten Renah Indo Jati
Kabupaten Pesisir Selatan yang luasnya mencapai 5.749,89 km² juga sedang dalam wacana pemekaran menjadi Kabupaten Renah Indo Jati. Wilayah yang diusulkan mencakup Kecamatan Pancung Soal, Air Pura, Basa Ampek Balai Tapan, Renah Ampalu Hulu Tapan, Lunang, dan Silaut. Ibu kota kabupaten ini direncanakan berada di Nagari Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Meskipun jumlah penduduk calon kabupaten ini mencapai 116.320 jiwa, jumlah tersebut masih belum cukup untuk memenuhi syarat pemekaran.

Baca juga: Bogor Bergoyang! Cigudeg Siap Ganti Jadi Ibu Kota Kabupaten Baru Singkirkan Bogor! dengan 14 Kecamatan Baru Rilis, Cek Rumahmu Masuk Mana


4. Kabupaten 50 Kota
Tokoh masyarakat di Kabupaten 50 Kota juga mengusulkan pemekaran wilayahnya. Meskipun nama calon kabupaten ini belum ditentukan, terdapat tujuh kecamatan yang berencana bergabung, yaitu Kecamatan Gunung, Omeh, Suliki, Kapur 9, Pangkalan, Kota Baru, Bukit Barisan, Gugua, dan Mungka. Dengan jumlah penduduk sekitar 172.480 jiwa, calon kabupaten ini berpotensi menjadi salah satu kabupaten baru di Sumatera Barat.

Baca juga: Sumatera Barat Makin Gacor Usai Punya Calon Kabupaten Baruy yang Jadi Pusat Ekonomi 19 Kota Sudah Dimiliki

5. Kabupaten Kepulauan Mentawai
Setelah 20 tahun dimekarkan dari Kabupaten Padang Pariaman, terdapat usulan untuk memekarkan kembali Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi tiga kabupaten baru. Meski usulan ini memerlukan waktu yang cukup lama karena banyak hal yang masih perlu dibenahi, tujuan utama pemekaran adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Mentawai.***



×
Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya