Wacana Perkawinan Provinsi, Jakarta dan Banten Siap Bersatu dalam Sentuhan Pemekaran Jawa Barat dan DKI Jakarta, Fix atau Hanya Isu?

Wacana Perkawinan Provinsi, Jakarta dan Banten Siap Bersatu dalam Sentuhan Pemekaran Jawa Barat dan DKI Jakarta, Fix atau Hanya Isu?

wilayah-lecreusois/pixabay-

Baca juga: Dulu Dipuja! Mall Terbengkalai di Batam Ternyata Pusat Perbelanjaan Legendaris Jadi Sarang Dedemit?

Baca juga: Kumpulan 15 Pertanyaan Wawancara PPS Pilkada 2024 dan Jawaban Lengkap Beserta Penjelasan Agar Anda Tidak Bingung, Mudah Dipahami


Jakarta, dengan wilayah seluas 661,23 km2, akan bergabung dengan Jawa Barat yang meliputi luas 35.377,76 km2, serta Banten yang mencapai 9.352,77 km2.

Jika tiga wilayah tersebut benar-benar bersatu, Provinsi Sunda Raya akan memiliki total luas mencapai 45.391,76 km2. Besarnya wilayah ini sejalan dengan jumlah penduduk yang juga tidak kecil.

Jakarta sendiri, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki jumlah penduduk yang cukup signifikan. Begitu pula dengan Jawa Barat dan Banten, yang masing-masing memiliki 12 juta dan 49 juta penduduk.



×

Namun, meskipun ide penggabungan ini menarik minat banyak pihak, masih ada juga yang menolaknya. Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi, salah satu tokoh masyarakat, menjadi salah satu yang menentang gagasan ini.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menolak konsep tersebut dengan alasan bahwa itu hanyalah upaya untuk menghidupkan kembali sejarah budaya, tanpa kejelasan manfaat konkret yang akan diperoleh.

***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya