Mau Tau? Ini Dia 5 Calon Provinsi Baru di Kalimantan yang Bikin Heboh, Punya Wilayah Terbagi Antara Malaysia hingga Brunei!

Mau Tau? Ini Dia 5 Calon Provinsi Baru di Kalimantan yang Bikin Heboh, Punya Wilayah Terbagi Antara Malaysia hingga Brunei!

Mau Tau? Ini Dia 5 Calon Provinsi Baru di Kalimantan yang Bikin Heboh, Punya Wilayah Terbagi Antara Malaysia hingga Brunei!-freepik-

Menurut informasi yang diperoleh dari saluran YouTube Mahasiswa Geografi pada Rabu, 08 Mei 2024, terdapat beberapa usulan untuk pembentukan provinsi baru di wilayah Kalimantan. Berikut adalah rincian usulan tersebut:

Provinsi Kalimantan Tenggara:

Provinsi ini diusulkan untuk dibentuk dengan memekarkan wilayah dari Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.


Wilayah baru ini akan mencakup beberapa kabupaten dari kedua provinsi tersebut. Ibu kota untuk provinsi yang baru ini direncanakan akan berada di Kabupaten Paser atau Kotabaru. Pemilihan ibu kota ini didasarkan pada letak strategis dan potensi perkembangan wilayah tersebut.

Provinsi Kapuas Raya:

Usulan pembentukan Provinsi Kapuas Raya melibatkan pemekaran dari wilayah yang saat ini termasuk dalam Provinsi Kalimantan Barat. Wilayah yang akan menjadi bagian dari provinsi baru ini mencakup Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Lawe.

Ibu kota provinsi ini direncanakan untuk berada di Sintang, Kabupaten Sintang, mengingat posisinya yang sentral dan potensi untuk menjadi pusat administratif yang efisien.



×

Baca juga: Serba Diskon! Katalog Promo Superindo Hari Ini 19 Mei 2024 Harga Gokil! Sunlight sampai Minyak, Pesta Belanja Akhir Pekan Ini!

Baca juga: Geber Diskon Superindo Hari Ini 19 Mei 2024, Siap-Siap Kepincut, Sunlight dan Minyak Hemat Banget di Akhir Pekan!

Baca juga: Biodata Tampang Artis Pria Bernisial R yang Diduga Berselingkuh dengan Sesama Jenis Viral di X, Lengkap Umur, Agama, Pasangan dan Akun Instagram

Provinsi Barito Raya:

Provinsi Barito Raya diusulkan untuk dibentuk dengan memekarkan wilayah dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Usulan ini mencakup beberapa kabupaten yang akan diambil dari masing-masing provinsi tersebut.

Ibu kota dari provinsi ini direncanakan berada di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, dengan harapan dapat mengoptimalkan potensi sumber daya dan mempercepat pembangunan daerah.

lanjutan,

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya