Status dan Aktivitas Terkini Gunung Ruang Erupsi di Sulawesi Utara, Apakah Terancam Tsunami hingga Seret Negara Tetangga?

Status dan Aktivitas Terkini Gunung Ruang Erupsi di Sulawesi Utara, Apakah Terancam Tsunami hingga Seret Negara Tetangga?

Status dan Aktivitas Terkini Gunung Ruang Erupsi di Sulawesi Utara, Apakah Terancam Tsunami hingga Seret Negara Tetangga?-tiktok-

Status dan Aktivitas Terkini Gunung Ruang Erupsi di Sulawesi Utara, Apakah Terancam Tsunami hingga Seret Negara Tetangga?

Erupsi Gunung Ruang Apakah Ada Korban Jiwa? Keresahan Warga Usai Satatus Naik WASPADA IV hingga Ancaman Tsunami


Dimana Lokasi Gunung Ruang Pulau Sulawesi Utara? Cek Letaknya, Alami 944 Kali Gempa hingga Ancaman Tsunami Bikin Warga Resah?

Baca juga: DIBUKA Rekrutmen PT KAI Management Trainee 2024 - Link Daftar dan Caranya Apply, Syarat Beserta Kriteria Lolos

Puncak Gunung Ruang, sebuah gunung api yang aktif di wilayah Indonesia, terletak di Pulau Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro.



×

Pada tanggal 16 April 2024, gunung yang menjadi pusat perhatian geologis ini kembali menunjukkan kegiatannya dengan erupsi yang mengguncang daerah sekitarnya.

Baca juga: Berapa Harga Oppo A1s dan Oppo A1s? Oppo Seri A Terbaru yang Meluncur Pada 16 April 2024: Gak Sampai Rp 3 Juta

Dampak signifikan dari erupsi ini terutama terasa di wilayah Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dengan fokus utama pada Desa Laingpatihe dan Desa Pumpente. Kedua desa ini menjadi pusat perhatian dalam upaya penanganan dampak bencana alam yang dihasilkan oleh aktivitas gunung api tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat bahwa erupsi Gunung Ruang kembali terjadi pada hari berikutnya, tepatnya pada Rabu, 17 April 2024, sekitar pukul 01.08 Wita. Data yang disampaikan oleh lembaga tersebut menjadi landasan penting dalam upaya pemantauan dan mitigasi terhadap potensi ancaman yang dihadirkan oleh aktivitas vulkanik tersebut.

Baca juga: Profil Tim Cook, Bos Apple yang Bertemu Presiden Jokowi dan Rencanakan Investasi di Indonesia

Baca juga: VIRAL Tari Seblang Olehsari Tujuannya Apa? Berikut Makna Sakral yang Berkaitan Erat dengan Budaya, Beginilah Fungsinya Menurut Kepercayaan Masing-masing

Baca juga: Cara Daftar Rekrutmen PT KAI Management Trainee 2024 dan Link Apply e-recruitment.kai.id - Cek Persyaratan dan Kriteria Lolos Seleksi

Erupsi tersebut dipicu oleh gempa berkekuatan M 6,4 yang terjadi di Pulau Doi, Maluku Utara, pada Selasa, 9 April 2024.

Perubahan status Gunung Ruang menjadi Level IV (AWAS) pada Kamis, 18 April 2024, dari sebelumnya Level III (Siaga) mengikuti peningkatan aktivitas vulkanik. Ini terkait dengan gempa tektonik yang mengguncang Pulau Doi di Maluku Utara.

lanjutan, lokasi dan potensi tsunami?

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya