Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Yogyakarta Jadi Berapa Bagian? Berikut Ulasan Fakta atau Hanya Wacana, Sleman Ikut Bergabung?

Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Yogyakarta Jadi Berapa Bagian? Berikut Ulasan Fakta atau Hanya Wacana, Sleman Ikut Bergabung?

daerah--

Baca juga: MANTAP! Rekomendasi Pantai Hidden Gem di Kulon Progo DIY Sukses Menarik Perhatian, Cek Lokasi dan Biaya HTM Dulu Sebelum OTW, Ramah di Kantong Loh!

Dengan luas wilayah mencapai 1.485,36 km persegi, Kabupaten Gunungkidul menyumbang hampir separuh dari luas total Provinsi Yogyakarta. Slamet S.Pd., MM., seorang mantan anggota DPRD DIY, mengusulkan pembentukan dua kabupaten baru, yakni Gunungkidul Timur dan Gunungkidul Barat.


Dengan pemekaran ini, wilayah tersebut akan terbagi menjadi lebih banyak unit administrasi yang mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakatnya.

Gunungkidul Timur akan mencakup wilayah Ngawe, Karangmojo, Girisubo, Ponjong, Rongkop, Semanu, Tepus, Semin, dan Tanjungsari, sementara Gunungkidul Barat akan terdiri dari Gedangsari, Nglipar, Playen, Paliyan, Patuk, Panggang, Saptosari, Wonosari, dan Purwasari. Pemekaran ini diharapkan dapat membawa lebih banyak manfaat dan kemajuan bagi masing-masing wilayah yang terlibat.

Tak hanya Gunungkidul, Kabupaten Sleman juga berada dalam sorotan pembahasan mengenai pemekaran wilayah. Meskipun beberapa waktu lalu isu tersebut sempat mereda, namun kini kembali menjadi topik yang hangat.



×

Salah satu wilayah yang menjadi fokus potensial pemekaran adalah Kecamatan Depok, yang memiliki luas wilayah mencapai 35,55 km persegi.

***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya