Bukan Sleman? Inilah Rencana Pemekaran Provinsi Yogyakarta dan Dipecah Jadi 2 Bagian, Gunung Kidul Masuk Deretannya?

Bukan Sleman? Inilah Rencana Pemekaran Provinsi Yogyakarta dan Dipecah Jadi 2 Bagian, Gunung Kidul Masuk Deretannya?

daerah-EvgeniT/pixabay-

Baca juga: Apa Alasan Presiden Iran Ebrahim Raisi Ikut Meresmikan Bendungan yang ada di Negera Azerbaijan? Benarkah Tragedi Kecelakaan Helikopter Sengaja Disetting?

Baca juga: 4 SMA Teratas di Palembang Bisa Jadi Bahan Pertimbangan untuk Masa Depan Anda, Cetak Prestasi Lebih Banyak dan Unggul, Salah Satunya SMAN 1 Matauli Pandan?


Tantangan terbesar bagi sebuah wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang pesat adalah memastikan pelayanan publik yang optimal. Kabupaten Gunungkidul, salah satu bagian penting dari DIY, menghadapi dilema serupa.

Dengan luas wilayah mencapai 1.485,36 km persegi, menyumbang sekitar 46,63 persen dari total luas provinsi, Gunungkidul memiliki tantangan besar dalam memenuhi kebutuhan warganya. Slamet S.Pd., MM., mantan anggota DPRD DIY, mengusulkan solusi segar: pemekaran wilayah.

Dia berpendapat bahwa membagi Gunungkidul menjadi dua kabupaten otonom, yakni Gunungkidul Timur dan Gunungkidul Barat, bisa menjadi langkah maju dalam memperbaiki pelayanan publik.



×

Konsep pemekaran juga tidak hanya menghampiri Gunungkidul, tapi juga mengintai Kabupaten Sleman. Sleman, yang menjadi bagian integral dari DIY, kini tengah menjadi sorotan karena wacana pemekaran.

Meskipun isu ini sempat mereda sejenak, namun kabarnya kembali mencuat ke permukaan. Salah satu wilayah yang berpotensi besar untuk menjadi kota mandiri adalah Kecamatan Depok.

Dengan luas wilayah mencapai 35,55 km persegi, Depok menjadi magnet bagi rencana pemekaran wilayah di Sleman.

***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya