Mengungkap Keajaiban Bawang Putih untuk Merpati, Perawatan Alternatif yang Menakjubkan dan Hemat

Mengungkap Keajaiban Bawang Putih untuk Merpati, Perawatan Alternatif yang Menakjubkan dan Hemat

Ilustrasi manfaat bawang putih untuk merpati. -(freepik.com/jcomp)-

1. Anti Bakteri, Jamur, dan Virus: Kandungan alisin dalam bawang putih dapat mencegah serangan bakteri, jamur, dan virus. Ini menjadi solusi yang efektif untuk mencegah penyakit seperti Newcastle Disease (ND) atau penyakit tetelo yang disebabkan oleh paramyxovirus.

2. Menghangatkan Tubuh: Selain menjaga kesehatan, bawang putih juga dapat membantu menghangatkan tubuh burung, terutama saat musim hujan tiba. Selain itu, bawang putih juga memperkuat sistem imun burung.


3. Anti Parasit: Kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan anti virus dalam bawang putih menjaga merpati dari serangan parasit yang merugikan, seperti cacing pita, cacing gelang, dan cacing rambut.

4. Mengobati Luka: Bawang putih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada burung merpati, termasuk luka akibat penyakit seperti Coccidiosis.

Baca juga: Menelusuri Khasiat Buah Ajaib, 15 Manfaat Jambu Dersono Untuk Kesehatan dan Kecantikan



×

Baca juga: 7 Manfaat Omepros Bagi Kesehatan, Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh Optimal

Penggunaan bawang putih pada merpati cukup sederhana. Bawang putih dihaluskan dan dicampurkan ke dalam air hangat, lalu disaring sebelum diberikan kepada burung secara rutin.

Dengan segudang manfaatnya, bawang putih bukan hanya menjadi bumbu dapur, namun juga menjadi penyelamat bagi kesehatan dan kebahagiaan burung merpati kesayangan kita. ***

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya