Biodata Tampang Nikki Haley, Politikus AS yang Kontroversial Picu Kemarahan Publik Usai Tulis Pesan 'Habisi Mereka' di Bom Israel, Lengkap Umur, Agama dan Akun IG

Biodata Tampang Nikki Haley, Politikus AS yang Kontroversial Picu Kemarahan Publik Usai Tulis Pesan 'Habisi Mereka' di Bom Israel, Lengkap Umur, Agama dan Akun IG

Nikky-Instagram-

Siapa Nikki Haley?

Nikki Haley adalah seorang politikus dan diplomat yang pernah menjabat sebagai Gubernur South Carolina dari 2011 hingga 2017. Lahir di Bamberg, South Carolina, pada 20 Januari 1972, Haley kini berusia 52 tahun.


Dia berasal dari keluarga imigran India dan dibesarkan di South Carolina. Haley meraih gelar sarjana akuntansi dari Clemson University.

Awalnya, Haley tidak berencana untuk terjun ke dunia politik atau diplomasi.

Setelah lulus kuliah, dia sempat melanjutkan bisnis keluarganya. Namun, kehidupannya berubah setelah menikah.



×

Pada tahun 2004, Haley memutuskan untuk terjun ke politik dan berhasil mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) negara bagian South Carolina.

Pada tahun 2010, Haley mencalonkan diri sebagai gubernur South Carolina dan menang, mencatat sejarah sebagai wanita dan orang minoritas etnis pertama yang menjadi gubernur di negara bagian tersebut.

Kepemimpinannya dikenal stabil dan dia terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2014.

Dampak dan Reaksi Publik

Tindakan Haley menulis pesan di peluru artileri Israel mendapat kecaman luas.

Banyak yang menganggap tindakan tersebut tidak pantas dan memperkeruh situasi yang sudah tegang di Gaza.

Tokoh-tokoh Yahudi dan Amerika Serikat menyayangkan aksi Haley, mengingat perannya sebagai diplomat yang seharusnya mempromosikan perdamaian dan diplomasi.

Beberapa analis politik berpendapat bahwa tindakan Haley ini bisa merusak citranya sebagai seorang diplomat yang seharusnya netral dan mengedepankan dialog.

Selain itu, tindakan ini juga bisa memperburuk hubungan Amerika Serikat dengan negara-negara Timur Tengah yang sudah rapuh.

Baca juga: Profil Biodata Habib Zaidan Yahya, Sosok Bersuara Indah nan Tampan Cucu Habib Luthfi bin Yahya, Lengkap dari Umur, Agama, Pasangan dan Akun Instagram

Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya