Dulunya Punya Nama dari Bahasa Ingris Inilah Kecamatan Unik yang ada di Magelang dan Punyajarak dari Yogya cuma 45 Menit

Dulunya Punya Nama dari Bahasa Ingris Inilah Kecamatan Unik yang ada di Magelang dan Punyajarak dari Yogya cuma 45 Menit

yogyakarta-travelphotographer/pixabay-

Asal Usul Nama Muntilan

Meskipun terdapat beberapa versi tentang asal usul nama Muntilan, salah satu teori yang populer adalah bahwa nama ini berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu 'Mount' dan 'Land'.


Dengan letaknya yang dikelilingi oleh gunung-gunung, teori ini menjadi masuk akal dan menggambarkan karakteristik geografis Muntilan.

Sejarah Pendidikan di Muntilan

Muntilan tidak hanya menarik dari segi keindahan alamnya, tetapi juga memiliki sejarah pendidikan yang signifikan.



×

Pada tahun 1905, sekolah guru sederhana atau Kweekschool didirikan di Muntilan.

Menyusul keberhasilannya, pada tahun 1917, dibuka sekolah-sekolah lainnya seperti Hollandsch Inlandsche Kweekschool dan Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs.

Muntilan kemudian menjadi pusat pendidikan yang penting bagi wilayah sekitarnya.

Dampak Masa Pendudukan Jepang

Namun, masa pendudukan Jepang pada Perang Dunia II membawa perubahan signifikan bagi Muntilan.

Kompleks pendidikan yang sebelumnya ramai dengan kegiatan belajar-mengajar diubah menjadi kamp internir untuk menahan orang-orang Belanda di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Meski begitu, setelah periode pendudukan Jepang berakhir, Muntilan kembali bangkit dan terus berkembang sebagai pusat pendidikan dan kegiatan masyarakat.

Baca juga: Usianya Mencapai 80 Tahun! Dusun di Kabupaten Mojokerto ini Punya View Kuno yang Hanya Punya 1 KK Listrik Belum Masuk?

TAG: #magelang
Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya