Pernah Hancur saat Agresi Militer Zaman Belanda, Ternyata Stasiun Kereta Api Tua yang ada di Jabar ini Sudah ada Sejak Tahun 1894

Pernah Hancur saat Agresi Militer Zaman Belanda, Ternyata Stasiun Kereta Api Tua yang ada di Jabar ini Sudah ada Sejak Tahun 1894

kereta-wal_172619/pixabay-

Banyak dari stasiun ini masih berdiri teguh dan terus beroperasi hingga hari ini, menjadi simbol nostalgia bagi masyarakat Indonesia.

Namun, di balik cerita kemegahan dan kejayaan, beberapa stasiun kereta api di Indonesia memiliki kisah kelam yang menyayat hati.


Salah satunya adalah Stasiun Kereta Api Cikampek, yang terletak di Kabupaten Cikampek, bagian dari Daerah Operasi 1 Jakarta.

Stasiun ini berjarak sekitar 79,2 kilometer dari Stasiun Gambir di Jakarta, dan dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda, Staatsspoorwegen, pada tahun 1894.

Dengan ketinggian 46 meter di atas permukaan laut, Stasiun Cikampek menjadi salah satu stasiun kereta api terbesar di wilayahnya.



×

Selama masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda, Stasiun Cikampek mengalami serangan dan hancur akibat bombardir tentara Belanda pada saat Agresi Militer I.

Baca juga: Kapan Keberangkatan Haji 2024 Gelombang 1 Indonesia? Mulai Bulan Mei Tanggal Berapa Pastinya?

TAG: #jabar
Sumber:

im

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya